Rahasia Keluarga dan Cerita-cerita Lainnya: Antologi Penuh Luka, Amarah dan Penyesalan

 

 
Rahasia  Keluarga dan Cerita-cerita Lainnya
Okky Madasari dan Alumni OM Institute
Gramedia Pustaka Utama, 320 hal
iPusnas
 

Sinopsis



Bittara tak pernah bisa menyelami hati dan perasaan sang ibu yang mau menerima kembali kehadiran ayah yang pernah menyia-nyiakan ibu sewaktu Bittara masih kecil. Petta Lolo muncul untuk kesekian kalinya mengharap pengampunan Ibu dan meminta penerimaan dirinya. Agaknya keras kepala itu telah menurun langsung dari ayah ke anak lelakinya sehingga ibulah yang harus menengahi keduanya.

Sementara itu Sadika baru mengetahui jika ia bukanlah anak kandung Papa. Ayah yang sesungguhnya telah lama meninggal dan dimakamkan di sebuah kampung. Dan yang tambah membuatnya terkejut, di kampung ini pulalah Mamanya juga tinggal sebelum akhirnya pergi meninggalkan kampung setelah rumahnya dijual.

Dalam pencariannya Sadika akhirnya berhasil menemukan makam sang Ayah berikut cerita masa lalu yang dituturkan oleh seorang Bapak yang bersedia mengantarkannya ke pemakaman. 
 

Ulasan

 
 
Membaca kumpulan cerpen selalu menimbulkan keengganan bagi saya karena biasanya cerita-ceritanya selalu singkat dan tergesa-gesa diselesaikan. Atau, diakhiri dengan kisah yang masih menggantung bahkan memunculkan ketidakpuasan. 

Namun saat menemukan Rahasia Keluarga dan Cerita-cerita Lainnya yang memuat puluhan cerpen saya langsung terhenyak. Ada apa dengan sebuah rahasia sehingga Okky harus menampilkan banyak sekali cerpen yang kali ini merupakan kumpulan cerita dari alumni OM Institute. Bahkan tema yang diangkat adalah tentang keluarga. Tema yang sebagian membuat orang enggan untuk mengungkapkannya secara eksplisit namun juga menarik minat bawah sadar kita akan kisah keluarga itu sendiri.

Saya tertarik membacanya karena tentu saja ada nama pengarang favorit di sini yang juga ikut membagikan satu cerpennya, Yangbeng, yang merupakan cikal bakal penulisan novel berjudul Entrok-salah satu novel keren dari Okky yang sudah saya baca juga.

Ada 29 cerita yang terangkum dalam novel ini yang menyuarakan suara hati paling dalam tentang keluarga. Relasi antara anak dengan ayah dan ibu, kakak dengan adik, paman dengan keponakan, begitu mengalir dahsyat dalam gaya tuturan dan latar yang berbeda.

Cerita tentang keluarga selalu membuat perasaan campur aduk. Ternyata relasi terdekat mulai dari ayah, Ibu, pasangan, kakak hingga adik masing-masing memiliki cerita dan rahasianya sendiri. Dan semua cerpen di dalamnya mampu mengangkat dengan gamblang potret keluarga yang rapuh, berkesan namun juga menyakitkan.
 
Di novel ini cerita yang tertuang mampu membuat kita menerawang, berempati, tergetar, sekaligus menyesali setiap langkah yang pernah keliru diambil. Berbagai sudut pandang diambil yang pada akhirnya kesemuanya adalah suatu kesadaran diri.

Ada banyak rahasia yang menumpuk dan cerpen berjudul Bittara dan Ibu, Dagingku Indomie, Darahku Kuah Kornet, Mencari Ayah, dan Fajar untuk Sasmita adalah beberapa yang sangat berkesan untuk saya baca.
 
Dalam Bittara dan Ibu, relasi anak dengan ayah begitu jauh akibat jurang yang tanpa sengaja diciptakan oleh ibu yang tersakiti oleh masa lalu ketika masih berada di awal pernikahan dengan Petta Lolo, ayah Bittara.

Kisah ibu yang menyimpan luka itu terus menempel dalam benak dan mengikuti langkah Bittara hingga ia kesulitan dan keras kepala untuk tidak mau menerima sosok ayah yang telah sadar dan menua.
 

"Anakku Bittara, seperti yang selalu Ibu katakan sejak dulu, bahwa kehidupan di dunia itu tak berlangsung lama. Tiada guna menyimpan amarah. Tiada berarti hidup membenci, tidak ada yang lebih indah dari kedamaian hati, ketenangan jiwa. Maafkanlah."Hal 41


Bila Bittara beruntung masih bisa bertemu muka dengan sang Ayah, lain halnya dengan Sadika. Nasib membawanya ke tanah pemakaman sang ayah kandungnya tanpa pernah berkenalan atau sekadar bersua. Ia justru menyesali mengapa setelah dewasa baru ia ketahui bahwa ayah kandungnya telah lama wafat. Kisah dalam Mencari Ayah ini terkesan remeh namun percayalah relasi antar keluarga macam seperti ini nyatanya lebih rumit dari yang diduga sebelumnya.

Ke-29 cerpen ini tersaji rapi dan ditulis melalui berbagai sudut pandang sehingga kita bisa memandang dari segi mana pun dalam menelaah sebuah cerita. Semua ceritanya meskipun pendek, namun tetap membawa makna yang dalam bagi yang membaca. Terlebih sebuah rahasia keluarga.
Rahasia Keluarga dan Cerita-cerita Lainnya: Antologi Penuh Luka, Amarah dan Penyesalan Rahasia Keluarga dan Cerita-cerita Lainnya: Antologi Penuh Luka, Amarah dan Penyesalan Reviewed by Erna Maryo on September 29, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.