10 Sampul Buku Terbaik 2023

 

 
Memperhatikan sampul buku-buku yang saya baca sepanjang tahun 2023 cukup membuat saya terkagum-kagum oleh begitu detailnya ilustrasi dalam menampilkan serta menyampaikan pesan dari sebuah buku atau novel itu. Selain mampu menerjemahkan isi ke dalam gambar, para ilustratornya sangat paham dan pintar akan bagaimana nuansa gambar yang akan dibangun, objek mana yang ditonjolkan serta warna apa yang mampu menarik minat pembaca.

Menurut saya gambar sampul yang dibuat oleh tangan-tangan ilustrator Indonesia lebih hidup, memikat dan bernyawa ketimbang sampul luar negeri. Apalagi dengan daya tarik warna-warna ceria hal itu bisa sangat menunjang pemasaran dan minat baca khususnya.

Ada beberapa novel atau buku yang sangat saya suka dan menarik gambar sampulnya dan berikut adalah kesepuluh sampul buku terbaik versi pribadi.
 

1. Penaka
 
 
Awal pertama melihat sampulnya, pasti membingungkan dan saya bertanya-tanya konsep sampul ini mencerminkan apa? Dan setelah membaca ceritanya, barulah saya paham dan merasa ilustrasinya sangat mewakili keseluruhan isi ceritanya. Unik, absurd dan ada daya tarik. Apalagi komposisi warna dan objek yang ditampilkan nampak selaras sesuai dengan jalan cerita dari novel tersebut. Di sini ilustratornya mampu menerjemahkan setiap detail cerita ke dalam gambar sampul. Brilian.


2. Watersong
 
 
Gambar sampul ini tersirat dalam wujud bayangan wajah perempuan dengan siluetnya yang berwarna kebiru-biruan serta coretan beberapa semacam tetumbuhan menyerupai jamur. Latarnya yang kuning mempertegas kondisi bahwa masalah yang tertuang ke dalam sampul ini sangat rumit. Ide tentang wajah perempuan menyamping sementara isi cerita sesungguhnya tentang permasalahan seorang pemuda merupakan pemancing untuk memahami bahwa seluruh sosok wanita itu saling berkaitan. Menarik.
 

3. Kereta Semar Lembu

 
 
Desain sampul novel ini memikat mata saya karena di sampul ini ilustratornya memakai keseluruhan tata letaknya dengan warna biru. Ada biru gelap, biru terang, dengan sang tokoh yang berjalan di tengah dan buyar dalam suasana yang berpendar-pendar, ditambah siluet lokomotif tua. Dunia nyata dan dunia tak kasat mata dipisahkan dengan tegas melalui kedua warna biru yang mencolok. Apik dan cukup memberi ciri bahwa sampulnya mampu memberi pesan dari isi novel itu.
 

4. The Song of Achilles
 
Kalau menatap sekilas gambar sampulnya, kita mungkin akan terus bertanya-tanya, apalagi bila tidak mengetahui sejarah mitologi Yunani dengan sosok terkenal bernama Achilles. Merupakan pilihan yang bijak bagi ilustratornya untuk tidak menampilkan sosok Achilles apalagi pasangannya. Cukup dengan alat musik dawai kesayangannya yang mewakili sosok pahlawan tersebut maka kisah itu bergulir sendu. Cerita yang getir namun sang dawai akan tetap menemani hari-hari kesendirian Achilles.
 

5. Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam
 
 
Tidak pernah menyangka bahwa gambar sampul novel ini begitu menjawab segala pertanyaan yang mengendap saat melihat pertama kali sampul berwarna jingga ini. Sesungguhnya sampul yang berwarna-warni ini bertolak belakang dengan kondisi yang diceritakan, sehingga saya sempat terkecoh alih-alih mengira berbau romansa, justru kisah yang tertuang begitu mengundang decak kagum dan rasa getir. Abstrak namun memiliki berjuta pesan.
 

6. Jais Darga Namaku
 
 
Sampul novel ini menurut saya sangat sederhana, latar putih bersih dengan kepakan 3 ekor burung yang terbang tinggi, serasa ingin menapak langit. Tidak neko-neko namun memiliki pesan yang begitu dalam menyangkut obsesi dan renjana seorang wanita yang telah merambah dunia berkat kepiawaiannya di dunia Art Dealer. Justru saking sederhananya maka novel ini menjadi begitu istimewa. 


7. Klara dan Matahari
 
Momen ketika melihat novel dengan desain yang begitu jelas, rapi, indah namun sesungguhnya justru mengandung arti personifikasi yang dalam agaknya jatuh pada novel ini. Dua objek tersampaikan melalui gambar sampul ini. Objek Klara yang mengintip diantara helaian kelopak bunga matahari membuat sampul novel ini makin terlihat memikat berikut dengan kesederhanaan dan coretannya.
 

8. The Last Seance
 
Novel dengan sampul bernuansa gelap, dihiasi warna-warna hitam dan merah darah dengan cahaya dari lilin yang mengambang bersatu padu mengantarkan sebuah pesan menakutkan yang sejatinya ingin memberi makna bahwa isi novel ini berkaitan erat dengan dunia hantu, mistis, misteri serta dunia dengan elemen horor yang mencekam. Sampulnya sukses membuat penasaran akan seperti apa kisah-kisah di dalamnya?
 

9. The Sexy Secret
 
 
Entah mengapa saya suka sekali menatap gambar sampul ini. Begitu bersih warnanya, merah jambu yang dominan dengan gradasi yang memikat. Ilustrasi wajah perempuan terbalik dan diambil dari samping yang memiliki dua sudut pandang, yang bila dilihat dari atas atau bawah akan tetap memiliki kesamaan seraut wajah seandainya tak diberi sekelebat bulu mata. Manis dan sederhana.
 

10. Oh My Baby Blue
 
 
Gambar sampulnya seolah menyiratkan pesan yang sangat kuat dan gamblang bahwa perempuan di manapun berada pasti takkan bisa melawan takdir yakni mengurus anak dan bergumul dengan masalah tangga. Penggambaran yang sangat jeli karena kendari tak melulu soal rumah, toh cerita juga berkisar dengan karier pula. Sosok emak-emak yang bingung sedang menggendong anak sambil menenteng gas elpiji biru sangat mencuri perhatian dan mengundang senyum. Brilian.


 ***
 
Sengaja tahun ini saya menampilkan kesepuluh (bukan lima) sampul buku terbaik karena begitu banyak gambar sampul yang perlu diapresiasi dan dilihat lebih dekat karena jujur saja, beberapa sampul dari buku yang saya baca desainnya sangat ekspresif, bagus dan membuat mata ini selalu ingin menatap lebih lama. Kesepuluh gambar yang terpilih seperti yang di atas tentu saja bersifat subjektif sehingga bila ada ketidaksetujuan anggap saja ini masalah selera semata.
10 Sampul Buku Terbaik 2023 10 Sampul Buku Terbaik 2023 Reviewed by Erna Maryo on Desember 31, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.